Thursday, October 9, 2008

Mencoba Joomla! di jaringan lokal (intranet)

Pertamakali mencobanya aku bingung, kenapa Joomla! tidak bisa diakses penuh di jaringan local? Template dan gambar tidak terbuka. Anehnya, kalau membuat aplikasi web dengan php sendiri, semuanya bisa dibuka dengan normal.
Setelah lama mencari, akhirnya ketemu juga. Ternyata perlu pengaturan pada configuration.php. Jika Anda ingin membuat web supaya bisa diakses hanya di jaringan local bisa memanfaatkan Joomla!. Setelah diinstal, lakukan cara berikut:
Buka file configuration.php di folder Joomla! menggunakan notepad.






Cari $mosConfig_live_site lalu ubah 'http://localhost/nama folder' menjadi 'http://ip address/nama folder’.



Simpan dan tutup notepad.
Sekarang, Joomla bisa dibuka di jaringan local.

Meskipun dengan Joomla! Anda tidak perlu mengerti bahasa pemrograman, tidak ada salahnya Anda mengetahui dasar-dasar pemrograman web dengan php dan mysql. Dengan demikian, ketika ada masalah di kemudian hari, Anda bisa mengatasi sendiri. Cari e-book atau belilah buku panduan praktis tentang panduan membuat web dengan php dan mysql. Jika Anda tidak ingin repot, bisa mengikuti kursus online di sini. Dengan panduan praktis yang diberikan, Anda bisa membuat sebuah web/blog hanya dengan 4 langkah.


Previous Post
Next Post

post written by:

3 comments:

  1. wah sip ni mas.. sy kantongin dulu

    ReplyDelete
  2. mas, mau tanya? apa beda versi php di server hosting dan server local dalam xampp, bisa pengaruh? website tidaj dapat dibuka setelah di upload..mohon infonya, terima kasih....

    ReplyDelete
  3. mas minta tolong di ajarin migration joomla dong

    ReplyDelete