Thursday, November 20, 2008

Menyembunyikan halaman admin Joomla!

Secara default, halaman administrator Joomla! adalah www.domain.com/administrator. Karena sudah diketahui secara umum, sebaiknya kita akali supaya setiap orang membuka url tersebut, akan dialihkan ke tampilan utama web kita.
Caranya sangat mudah.
Copy file index.php yang ada di folder administrator lalu paste di lokasi yang sama.



Ubah namanya, misalnya: kalebet.php.



Buka index.php menggunakan Macromedia Dreamweaver atau notepad. Di akhir code, tambahkan kode berikut.



Ubah urlnya dengan url domain Anda.



Ubah $path = $mosConfig_absolute_path . '/administrator/templates/' . $mainframe->getTemplate() . '/login.php; menjadi $path = $mosConfig_absolute_path . '/administrator/templates/' . $mainframe->getTemplate() . '/index.html';.



Simpan hasil perubahan. Periksa hasilnya dengan mengetik http://localhost/situs/administrator. Akan otomatis menuju halaman utama situs.



Kalau ingin mengakses halaman administrator, buka http://localhost/situs/administrator/kalebet.php.



Jadi, suatu saat nanti, setiap akan masuk halaman administrator, urlnya harus lengkap sesuai yang Anda buat.
Selamat mencoba!

Meskipun dengan Joomla! Anda tidak perlu mengerti bahasa pemrograman, tidak ada salahnya Anda mengetahui dasar-dasar pemrograman web dengan php dan mysql. Dengan demikian, ketika ada masalah di kemudian hari, Anda bisa mengatasi sendiri. Cari e-book atau belilah buku panduan praktis tentang panduan membuat web dengan php dan mysql. Jika Anda tidak ingin repot, bisa mengikuti kursus online di sini. Dengan panduan praktis yang diberikan, Anda bisa membuat sebuah web/blog hanya dengan 4 langkah.


Previous Post
Next Post

post written by:

4 comments:

  1. bagus bagus.. cuma buat tambahan..
    buat para newbie ati2 apalagi kalo webnya sudah online soalnya semua link yang menuju administrator defaultnya harus di rubah juga.. nanti akan sedikit kesulitan jika mau instal ekstension baru..

    salam..
    Maju terus Mas...
    http://ndatiesme.com

    ReplyDelete
  2. tutornya bagus.. namun hati hati kalau mengganti folder administrator..:D coba di local dulu kalau tidak berhasil sebaiknya tidak menggantinya di hostingan, bisa fatal, :D bisa lebih parah dari kena hack jadinya :D... ada sedikit saran : sering sering ganti password biar aman.

    ReplyDelete
  3. tutor yang bagus, trims. namun perlu ekstra hati2.
    kalau saya sih pakai plugin jsecure, lebih aman dan terpercaya.
    salam

    ReplyDelete