Monday, July 30, 2012

Mengatur Explorer dan Folder View

Beberapa user mengeluh karena saat membuka Windows Explorer untuk menginstalasi sebuah aplikasi baru, yang diklik justru bukan setup.exe, tetapi setup.ico. Hal ini bisa dimaklumi sebab setting Windows-nya belum diatur untuk menunjukkan ekstensi file yang ada. Jadi, konfigurasi tampilan harus diatur lebih dahulu untuk menghindari kekeliruan dan memudahkan pengaturan file lebih lanjut.

Caranya:

  • Pada Window Explorer, klik Tools > Folder Options.
  • Pilih tab View dan ubah tanda centang pada opsi Do not show hidden files and folders menjadi Show hidden files and folders.

clip_image002

  • Jika Anda tidak bisa membedakan file yang tidak dan dibutuhkan Windows, maka beri tanda centang pada opsi Hide protected operating system files (Recommended).

clip_image004

Dengan beberapa perubahan setting ini, maka semua file dan folder akan terlihat di Windows Explorer. Kecuali, file yang dibutuhkan oleh Windows tetap akan terproteksi untuk mencegah terhapus atau pindah lokasi.

  • Kemudian bukalah satu folder. Bisa folder apa saja. Atur semua tampilannya, apakah detail, list, atau large atau small icons. Jika Anda memilih detail, deskripsi file akan muncul. Deskripsi ini bisa diubah sesuai keinginan Anda dengan memilih Details pada menu yang sama.

clip_image006

  • Setelah semua setting sudah disesuaikan dengan keinginan, buka Tools g Folder Option dan pilih tab View kemudian tombol Apply to All Folders. Kemudian klik OK. Dengan demikian, semua folder di komputer Anda akan menyesuaikan setting tampilannya sama dengan folder yang Anda atur pertama tadi.

clip_image008

Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: